Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Flamboyan Rsud dr. Iskak Tulungagung

  • Rizki Bahtiyar Ardyansah STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung

Abstract

Peran sumber daya manusia perawat sangat penting dalam suatu organisasi dan peran perawat yang langsung berhubungan dengan pasien maka kinerja perawat menjadi hal penting untuk diperhatikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja perawat adalah dengan meningkatkan motivasi kerja perawat. Tujuan penelitian menganalisis hubungan motivasi kerja dengan kinerja perawat dalam penerapan asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap Flamboyan RSUD dr. Iskak Tulungagung. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2017. Jenis penelitian observasional, desain analitik dengan pendekatan cross sectional dan instrument penelitian berupa kuesioner. Populasi penelitian semua perawat di Ruang Rawat Inap Flamboyan RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung. Sampel diambil dengan teknik total sampling sejumlah 33 orang. Data dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan hampir seluruhnya dari responden mempunyai motivasi kerja tinggi yaitu sebanyak 22 orang (78,6%), dan sebagian besar dari responden kinerjanya baik yaitu sebanyak 20 orang (71,4%). Uji statistik chi square didapatkan P Value = 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, yang berarti ada ada hubungan motivasi kerja dengan kinerja perawat dalam penerapan asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap Flamboyan RSUD dr. Iskak Tulungagung tahun 2017. Motivasi kerja perawat baik yang dari dalam diri maupun yang dari luar diri sangat mendukung terhadap kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan kepada pasien. Perawat yang memiliki motivasi kerja kerja yang tinggi tidak merasa terbebani dengan pekerjaannya, justru akan lebih bersemangat apabila dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan berhasil dalam kinerjanya. Diharapkan perawat tetap terus memiliki motivasi kerja yang tinggi sebagai perawat dan dapat meningkatkan kinerjanya dalam melakukan asuhan keperawatan sehingga dalam menangani klien dengan maksimal.

Published
2022-09-29
Section
Articles
Abstract viewed = 79 times
Full Text downloaded = 73 times